Cara Setting Pada Efek Gitar

Gitar adalah alat musik yang paling populer serta banyak sekali dimainkan oleh banyak orang. Banyaknya orang yang senang bermain gitar ini adalah karena gitar merupakan alat musik yang mudah dimainkan dari pada instrumen musik yang lain. Setiap amplifier gitar mempunyai setting yang berbeda-beda.  Disini cobaa menerangkan mengenai setting amplifier dengan dua channel.  Dua channel pada amplifier gitar biasanya sering disebut dengan Channel A dan juga Channel B.  Channel A umumnya di setting sebagai Channel Clean serta Channel B dapat di set sebagai Channel distortion ataupun lead.  Di bagian preamp kita dapat menemukan parameter gain serta equalization yaitu bass, mid, dan juga treble.

cara-setting-pada-efek-gitar

tutorialhijab.co.id

Untuk setting awal equalization di rekomendasikan untuk mengesetnya pada bagian tengah yaitu arah jam 12.Nah dari situ barulah kita sesuaikan yang sesuai dengan karakter sound yang kita inginkan.  Sedangkan Untuk gain ataupun karakter distorsi kita dapat sesuaikan juga. Harus sesuai dengan musik yang kita mainkan saat itu. Apabila kita memainkan musik rock ataupun metal mungkin kita bisa memutar knob gain sampai penuh. Namun jika kita memainkan musik blues kita mungkin hanya dapat mengeset gain pada arah jam 12 ataupun bisa kurang, untuk memperoleh karakter crunch.  Untuk setting master volume kita bisa mengesetnya di bagian terakhir dengan cara perlahan untuk memperoleh kerasnya suara yang sesuai dengan player-player yang lainnya.

Setting Efek Gitar

Untuk memperoleh efek distorsi yang berbeda dengan karakter amplifier, kita dapat menggunakan stompbox effect.  Efek ini umumnya terdiri dari parameter gain/drive/distortion/saturation. Ada juga equalization (bass, mid, & treble) serta  level/master sama dengan yang terdapat pada sebuah preamp. Langkah settingnya pun sama pada saat sedang mengeset preamp kita.  Berapa macam efek stompbox ada juga yang dipakai sebagai booster dalam sebuah ampli pada karakter semi distorsi/crunch. Sampai ampli tsb jadi seolah mempunyai tiga buah channel, yaitu channel clean, crunch/semi distorsi, dan lead sebagai distorsi penuh.  Efek seperti ini umumnya kita sebut dengan pedal overdrive.  Pedal overdrive umumnya memiliki tiga buah parameter antara lain, drive/distortion, tone, serta master.  Sedikit tips untuk memperoleh suara gitar yang hangat bila menggunakan pedal overdrive sebagai booster. Cobalah untuk set parameter tone anda di posisi minimal, atau di set dalam posisi nol.

Efek Gitar Dangdut

Sebetulnya dalam settingan efek Gitar pada tiap gitaris mempunyai selera masing masing. Sebab ini yang membuat seorang gitaris mempunyai karakter dalam sound permainan gitarnya. Tidak terkecuali gitaris dangdut. Pada Lagu-lagu dangdut banyak diketahui akan banyaknya lead ataupun melody yang di mainkan. Pada satu lagu dangdut kadang kadang bisa sampai 4 part lead atau melody. Seorang gitaris harus tau hukumnya mengenai Cara Setting Efek gitar dari berbagai macam merek untik berbagai aliran. Sebab biasanya setiap Genre musik seperti Dangdut, Pop Jaz, Blues, Metal itu mempunyai ciri khas sendiri- sendiri pada sound gitar. Dalam melody gitar dangdut umumnya memakai setigan efek Full distortion. Lihat saja gitaris dangdut yang legendaris seperti Haji Roma Irama, pasti anda akan mendengar suara efek gitar yang Full distortion pada saat lead atau memainkan melody dangdut. Umumnya gear seorang gitaris dangdut yang paling umum di jumpai yaitu memakai Gitar merek Ibanez serta Efek Gitar Metal Zone.

Demikianlah ulasan tentang efek gitar. Semoga bisa bermanfaat bagi anda. Jangan lupa baca juga ulasan tentang kunci gitar sheila on 7 mudah saja.

Cara Setting Pada Efek Gitar | | 4.5