Tekhnik Memainkan Dan Cara Stem Gitar Akustik

Stem Gitar Akustik – Gitar menjadi alat music yang popular di masyarakat hingga dunia. Belajar gitar cukup mudah bagi yang benar-benar serius untuk mempelajarinya. Namun untuk menjadi benar-benar handal, hanya beberapa orang saja yang mampu. Sebut saja gitaris terkenal dunia seperti Joe Satriani, Steve Vai, John Petrucci, yang memiliki skill luar biasa di masing-masing genrenya. Bagi anda yang ingin belajar gitar, kini banyak tersedia tempat-tempat les musik yang bisa membantu. Jika ingin lebih efisien, hanya perlu gitar dan belajar dengan orang yang dikenal atau bahkan belajar sendiri secara otodidak. Bermain musik memiliki banyak manfaat yang bisa dapatkan termasuk bermain gitar.

tekhnik-memainkan-dan-cara-stem-gitar-akustik

tutorialhijab.co.id

Gitar akustik adalah jenis gitar di mana suara yang dihasilkan berasal dari getaran senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan tempat pengikat senar ke dalam ruang suara. Suara di dalam ruang suara ini akan beresonansi terhadap kayu badan gitar. Jenis dan kualitas kayu serta jenis senar yang digunakan akan memengaruhi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik. Karakteristik gitar akustik adalah sebagai berikut, Suara senar diperkuat oleh bagian resonansi. Gitar akustik memiliki enam senar. Namun beberapa gitar memiliki tujuh senar atau lebih. Beberapa gitar menggunakan senar yang terbuat dari nilon dan yang lainnya terbuat dari baja. Gitar yang menggunakan senar nilon sering pula di sebut sebagai gitar klasik. Seluruh bagian gitar terbuat dari kayu. Hal ini tentunya membuat suara gitar menjadi lebih kuat dan lebih baik.

Belajar Gitar Akustik

Sukses belajar gitar sebenarnya bisa diraih semua orang, tapi banyak pemula yang cepat menyerah. Seringkali, pemula yang menyerah akan menyalahkan kurangnya waktu latihan atau jari yang sakit. Masalahnya adalah mereka kurang latihan. Halaman ini tidak bisa memberimu waktu tambahan, tapi akan menunjukkan ke Anda bagaimana menjadi pemain gitar yang sebenarnya tanpa perlu membayar guru atau les. Cari dan pilih instruksi online. Internet memilki ratusan situs yang menawarkan pelajaran gratis, kebanyakan dibuat dengan bagus sehingga bisa diaplikasikan ke latihan rutin Anda. Anda juga bisa menemukan jawaban dari pertanyaan Anda.

Belajar untuk membedakan musisi bagus dan jelek. Jika Anda sudah bisa sebagus musisi favorit kalian dalam beberapa minggu, coba ikuti musisi yang lebih hebat. Pelajari instrument fisik itu sendiri. Pelajari nama dan fungsi dari bagian gitar, bagaimana mereka bekerja sama untuk membuat suara. Pelajari bagaimana suara dihasilkan dan bagaimana tensi mempengaruhi senar. Setengah jam yang dihabiskan untuk ini akan terbayar jauh lebih besar selama masa belajar dan bermain Anda. Ajari diri Anda sendiri sebanyak mungkin cara untuk memainkan kunci. Sebagai contoh, ada 10 cara untuk memainkan kunci C. Tentu saja mulai dari yang paling dasar, namun semakin banyak jenis yang Anda kuasai semakin mudah Anda akan berpindah dari satu kunci ke kunci lain. Hal ini juga berguna jika Anda ingin membuat musik baru.

Jika Anda ingin belajar dengan cepat, Anda harus memenuhi otak Anda dengan gitar. Hal ini termasuk belajar bagaimana memiliki pendengaran yang bagus untuk perubahan kunci / nada / intonasi, dengan nyaman memosisikan badan Anda, cara menggenjreng gitar, koordinasi fret tangan dan tehnik, dan paling penting adalah memori otak tangan fret. Berlatih kunci dan posisi tangan dengan tangan sambil menonton TV atau berbicara dengan teman. Belajar memori otot tangan fret ini lebih susah dari belajar genjreng tangan.

Anda tidak perlu menggunakan tangan Anda satunya, hanya coba saja dari satu kunci ke kunci lain. TV atau pembicaraan akan membuat Anda tidak melihat ke bawah. Bagaimanapun, ketika belajar posisi kunci, Anda harus belajar jari Anda secara intens. Pastikan Anda dapat posisi jari yang benar sehingga memori otot Anda benar. Berjalannya waktu, lihat jari Anda lebih jarang, tapi cek apakah Anda sudah mencapai posisi yang benar. Lama-lama kepercayaan pada posisi jari Anda akan semakin tumbuh dan Anda tidak perlu melihatnya dengan rutin.

tekhnik-memainkan-dan-cara-stem-gitar-akustik

Cara Stem Gitar Akustik

Gitar yang sumbang tentunya bukan musik bagi telinga Anda. Karena alat musik petik cenderung bergeser menjadi sumbang saat senar mulai longgar, mempelajari cara stem gitar akustik seharusnya menjadi salah satu hal pertama yang diajarkan pada para pemula untuk memastikan mereka belajar bermain gitar yang terdengar baik. Anda dapat mempelajari dasar-dasar penyeteman, cara menyetem gitar dengan halus agar pas, serta metode-metode alternatif agar nada senar Anda tidak sumbang. Lihat Langkah 1 untuk informasi lebih lanjut.

Belajarlah mengenali dawai dengan benar. Akan sulit menyetem gitar tanpa tahu nada yang tepat untuk tiap senar. Mulai dengan senar paling bawah dan paling tebal (yang seharusnya paling dekat dengan kepala jika Anda memegang gitar dengan benar), penyeteman standar untuk senar-senarnya adalah, dari rendah ke tinggi: E A D G B E.  Kenali pasak setem yang tepat. Runut setiap senar ke atas menuju pasak setem yang sesuai untuk memastikan Anda tahu pasak mana yang harus diputar untuk menyetem tiap senar, dan ke arah mana.

Sebelum menggunakan penyetem (tuner), betot senar beberapa kali dan putar pasak ke atas (searah jarum jam) dan ke bawah (berlawanan dengan arah jarum jam). Tergantung pada jenis gitar dan caranya dipetik, arahnya dapat berbeda. Inilah mengapa penting untuk memeriksa lebih dulu. Jika Anda tetap ingin menyetemnya, bereksperimenlah dengan memutar pasak setem untuk mencari tahu tegangan yang pas untuk mengubah kunci, mengubah nada, dan ke arah mana pasak harus diputar.

Betot tiap senar satu-satu dan putar pasak untuk menyesuaikan dengan nada yang tepat. Jika Anda menggunakan penyetem elektrik, nyalakan dan pegang cukup dekat dengan gitar sehingga dapat menangkap cukup suara. Betot senar berulang-ulang dan putar pasak setem hingga suara yang keluar sama persis dengan nada. Jika suara yang keluar tajam (terlalu tinggi), turunkan not dengan memutar pasak setem untuk membuatnya longgar dan lebih rendah, hingga Anda mencapai nada yang tepat.

Jika suara yang keluar datar (terlalu rendah), Anda perlu menaikkan not dengan menyetem ke atas pelan-pelan, menegangkan senar dan membuat not lebih tinggi. Teruslah menyetem hingga Anda mencapai nada yang tepat. Anda juga dapat menyesuaikan nada gitar dengan gitar itu sendiri, dengan piano, atau alat musik lain. Jika Anda bermain dengan pemain trompet, minta ia memainkan nada E dan petik gitar hingga nadanya sesuai.

Mainkan akor atau beberapa not untuk mengecek interval. Gitar akustik terbuat dari kayu, dan resonansi senarnya dapat terdengar kurang tepat, bahkan jika disetem dengan benar. Mainkan kunci G, atau akor posisi pertama untuk memastikan gitar terdengar pas dan tidak sumbang. Lakukan penyesuaian seperlunya. Senar B secara khusus perlu disetem sedikit rendah untuk menciptakan suara nada gitar yang sempurna. Bereksperimenlah dan dengarkan baik-baik untuk memastikan nada gitar pas.

Stem gitar akustik ke atas, jangan ke bawah. Penting untuk semua alat musik petik akustik, khususnya gitar akustik, untuk disetem dari rendah ke tinggi, daripada sebaliknya. Anda lebih mungkin sumbang jika tegangan senar menurun (yang akan terjadi jika Anda menyetem dari tinggi ke rendah), sehingga lebih baik menciptakan tegangan arah yang tepat pada senar dengan menyetem ke atas dan bukan sebaliknya. Meskipun suara senar tajam (umumnya tidak), pertama-tama setem menurun lebih rendah dari seharusnya, kemudian setem ke atas untuk menyesuaikan nada.

 

Tekhnik Memainkan Dan Cara Stem Gitar Akustik | | 4.5